Tips Mendesain Interior Rumah Pribadi Agar Indah dan Nyaman

Tips Mendesain Interior Rumah Pribadi Agar Indah dan Nyaman

Siapa yang tidak ingin memiliki hunian yang indah sekaligus nyaman. Rumah yang seperti ini tentunya dapat menciptakan perasaan positif. Contohnya seperti merasa terinspirasi, tenang, senang, terbangun mood baik, hingga perasaan betah untuk berlama-lama di rumah.

Salah satu hal yang mempengaruhi keindahan dan kenyamanan rumah adalah desain interior. Desain interior adalah sebuah seni untuk meningkatkan estetika bagian dalam bangunan agar tercipta kenyamanan bagi orang-orang yang tinggal di dalamnya.

Mengatur desain interior rumah tidaklah sekedar tentang memilih perabotan yang bagus, namun juga sekaligus fungsional dan mampu meningkatkan keindahan bagian dalam rumah. Lalu bagaimana cara menentukan desain interior yang cocok dan dapat membuat rumah nyaman?

Tips Menentukan Desain Interior Rumah Sendiri agar Lebih Nyaman dan Indah

  1. Jangan Takut Berkreasi

Saat ingin mulai berkreasi, kebanyakan orang cenderung akan merasa takut, Entah takut salah, takut gagal, atau takut bila desainnya tidak jadi seperti yang diinginkan. Apalagi jika desainnya menyangkut sesuatu yang cukup besar, seperti desain interior rumah.

Namun Anda tidak perlu merasa khawatir, Anda memiliki peran dalam menilai mana yang membuat suasana rumah Anda lebih nyaman dan tampak lebih indah. Apalagi untuk ruangan tertentu dimana Anda menghabiskan banyak waktu. Tentunya Anda tahu betul apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan nilai estetikanya.

  1. Mencari Referensi Ide

Untuk menemukan ide, Anda memerlukan inspirasi. Inspirasi itu bisa didapat dengan mencari referensi-referensi desain interior dari berbagai sumber. Bisa dari internet, majalah desain, atau dari rumah-rumah berdesain indah yang Anda ketahui.

Kumpulkanlah referensi-referensi yang Anda sukai. Setelah dirasa cukup, Anda bisa mulai menyortir mana yang menurut Anda paling menarik, bisa membangkitkan mood, dan yang paling membuat Anda merasa nyaman.

Jika ada banyak yang Anda sukai, Anda bisa mengkombinasikannya. Ambilah bagian dari desain interior yang Anda suka dari satu referensi dan referensi lainnya, kemudian gabungkan dan sesuaikan agar cocok diaplikasikan pada ruangan di rumah Anda.

  1. Sesuaikan dengan Bentuk dan Lokasi Ruangan

Setelah Anda memiliki referensi ide desain, Anda perlu sesuaikan ide tersebut dengan bentuk ruangan yang akan Anda desain. Terkadang beberapa ide desain cocok dengan ruangan yang tinggi, ruangan yang memanjang, dan lain sebagainya.

Apalagi bila ruangannya berada di loteng. Ruangan di loteng biasanya dindingnya tidak tegak lurus ke atas, melainkan miring mengikuti bentuk atap, dan itu membuat ruang bergerak menjadi lebih sempit. Maka dari itu, penyesuaian ruangan perlu dilakukan agar tidak salah menentukan desain interiornya.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi ruangan, lokasi jendela dan pintu. Contohnya untuk ruangan yang bersebelahan dengan kamar mandi. Ruangan seperti itu biasanya keadaan dindingnya lebih lembab. Maka pastikan Anda tidak meletakkan perabot besar yang dapat menambah kelembaban dinding.

  1. Perhatikan Pemilihan Warna dan Bahan

Saat Anda melihat contoh desain interior yang menarik untuk suatu ruangan, belum tentu desain tersebut bisa langsung cocok dengan ruangan yang sama yang ada di rumah Anda. Terutama dalam urusan paduan warna dan bahan.

Perpaduan warna untuk sebuah ruangan memiliki peran penting dalam mempengaruhi suasana hati. Maka pastikan Anda memilih perpaduan warna yang sesuai. Apalagi, setiap warna memiliki makna tersendiri secara psikologi. Contohnya, perpaduan warna biru navy dan hijau teal menciptakan kesan menenangkan.

Pemilihan bahan juga perlu dipertimbangkan. Contohnya seperti apabila Anda memiliki perabotan berbahan kayu, maka pilihan warna putih, krem, abu-abu, dan perak untuk cat dinding dapat memunculkan kesan klasik. Terlebih lagi, keindahan kayu pada perabot Anda juga akan terlihat menonjol keindahannya.

  1. Perhatikan Ukuran

Setelah mempertimbangkan warna, bahan, serta bentuk dan lokasi ruangan, Anda juga perlu memperhatikan ukuran dalam desain interior ruangan. Mulai dari ukuran ruangan itu sendiri, ukuran jendela dan pintu, hingga ukuran perabotan yang ingin Anda masukan ke dalam ruangan.

Dengan melakukan pengukuran, Anda dapat menentukan dengan tepat apa dan bagaimana desain yang bisa digunakan dan sesuai untuk interior ruangan. Taplak meja yang terlalu lebar, lukisan yang terlalu besar, atau ukuran gorden yang terlalu panjang dan menjuntai tidak akan membuat interior tampak indah.

  1. Mengupgrade Perabot yang Sudah Ada

Jika Anda merasa perabotan rumah Anda masih bagus dan dalam kondisi baik, namun tidak sesuai untuk dipadu-padankan (tidak serasi) dengan desain interior rumah yang sudah Anda tentukan, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mengupgradenya supaya lebih sesuai.

Daripada Anda membeli perabotan baru yang dianggap lebih sesuai, lebih baik Anda menyesuaikan perabotan yang sudah ada. Misalnya dengan mengecat ulang, menghiasnya, atau mempernis perabotan yang dari kayu, atau lain sebagainya. Dengan begitu, Anda juga bisa lebih menghemat biaya.

  1. Memakai Bahan-bahan yang Ada

Mendesain interior rumah agar nuansa rumah menjadi lebih indah dan nyaman tidak harus dilakukan dengan membeli berbagai bahan dekorasi yang baru. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di rumah.

Contohnya, Anda bisa menggunakan kain batik yang sudah lama dibiarkan sebagai pajangan dinding. Atau gelas-gelas yang lama tidak dipakai bisa dihias menjadi vas bunga yang unik. Atau bisa juga sendok kayu yang dikumpulkan dibentuk menjadi bingkai cermin atau pigura.

  1. Berikan Sentuhan Terakhir

Sentuhan terakhir adalah hal dekorasi-dekorasi pendukung yang membuat desain interior semakin memukau. Bagian ini biasanya adalah bagian yang paling menyenangkan, karena Anda tinggal menghias desain yang sudah dibuat sedemikian rupa.

Contoh sentuhan terakhir adalah meletakkan lampu hias, bantal, lukisan, tanaman, dan keset. Adanya hiasan ruangan tersebut punya pengaruh terhadap suasana ruangan. Namun terkadang untuk memilih hiasan mana yang tepat atau cocoknya diletakkan dimana, beberapa orang bisa melakukannya apabila pendesainan interior ruangan sudah selesai.

Kesimpulan

Mendesain interior rumah agar suasana menjadi nyaman dan indah bukanlah hal yang mudah bagi semua orang. Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan. Selama Anda mengetahui tips untuk menentukan desain interior, makan tidak akan menjadi masalah.

Berikut adalah ringkasan tips dalam menentukan desain interior rumah sendiri agar lebih indah dengan suasana yang nyaman:

  • Jangan takut berkreasi
  • Mencari referensi ide
  • Sesuaikan dengan bentuk dan lokasi ruangan
  • Perhatikan pemilihan warna dan bahan
  • Perhatikan ukuran
  • Mengupgrade perabot yang sudah ada
  • Memakai bahan-bahan yang ada
  • Berikan sentuhan terakhir

Apabila Anda menemukan kesulitan dalam mengambil keputusan, Anda tidak perlu ragu untuk meminta pendapat orang lain. Orang lain terkadang dapat memberikan masukan-masukan yang sebelumnya tidak terpikirkan.

Dan yang terpenting adalah ekspresikan diri Anda dalam menentukan desain interior. Anda pribadi yang menempati rumah Anda, tentunya Anda pula yang paling tahu apa yang diperlukan di dalam rumah, termasuk bagian desain interiornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *