Tips Ampuh untuk Digital Marketing

Tips Ampuh untuk Digital Marketing

Hampir semua hal bisa didapatkan secara online, mulai dari barang kebutuhan sehari-hari, pakaian, makanan, hingga alat transportasi. Hal ini juga berdampak pada digital marketing.

Digital marketing telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat populer. Selain karena terbukti efektif menarik minat masyarakat, namun digital marketing juga lebih mudah untuk dilakukan.

Memangnya apa itu digital marketing? Digital marketing adalah sebuah cara dalam memasarkan suatu produk atau jasa dari suatu brand. Caranya adalah dengan memanfaatkan internet dan teknologi digital berbasis online.

Jadi, digital marketing dilakukan dengan menggunakan media komputer, handphone, dan platform-platform digital. Maka dari itu digital marketing cenderung lebih mudah, cepat untuk dilakukan, dan lebih bisa menjangkau banyak orang.

Salah satu contoh digital marketing yang paling banyak digunakan adalah social media marketing, seperti iklan video di Instagram, iklan gambar di Facebook, Twitter dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana cara yang efektif agar bisa sukses dalam melakukan digital marketing? Bagi Anda yang sedang belajar digital marketing atau sedang berencana melakukan strategi pemasaran ini, berikut adalah tips ampuh untuk digital marketing yang bisa Anda ikuti.

Tips Ampuh untuk Digital Marketing yang Efektif

  1. Menentukan Tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan Anda. Apa yang ingin Anda raih dengan melakukan digital marketing ini? Tujuan yang Anda tentukan akan menjadi panduan dalam menentukan langkah apa yang perlu diambil.

Apakah agar barang dan jasa bisnis Anda laku? Atau agar brand bisnis Anda semakin dikenal banyak orang? Atau Anda hanya ingin agar masyarakat mengetahui bahwa Anda akan mengadakan suatu acara?

Setiap hal yang menjadi tujuan Anda dalam ber-digital marketing memiliki persiapan dan cara yang berbeda agar tujuan tercapai. Untuk itu, pastikan Anda memikirkan baik-baik tentang apa apa yang ingin dicapai dan dibutuhkan untuk bisnis Anda.

  1. Mengenali Target Pemasaran

Mengenali target pemasaran diperlukan untuk menentukan pendekatan apa yang perlu dilakukan untuk menarik minat mereka. Setiap kalangan orang tertentu tentunya memiliki selera dan alasan yang berbeda-beda dalam mengambil suatu keputusan.

Setelah Anda menentukan target pemasaran – entah berdasarkan faktor usia, jenis kelamin, lokasi, pekerjaan dan pendapatan – maka Anda perlu memahami hal-hal yang seperti apa yang mereka sukai.

Misalnya target pemasaran bisnis Anda adalah anak remaja, maka Anda bisa melakukan pendekatan yang ‘kekinian’ dan digemari anak muda. Dengan demikian Anda bisa dengan mudah menarik perhatian, mengambil hati, dan mempengaruhi mereka untuk mengambil keputusan.

  1. Menyiapkan Dana Promosi

Meskipun mungkin media yang diperlukan untuk marketing adalah internet, perangkat, dan platform digital yang sudah dimiliki, menyiapkan dana perlu dilakukan. Besarnya dana promosi yang tersedia menentukan jenis promosi dan media apa yang bisa digunakan.

Jika dana yang dimiliki perusahaan Anda cukup besar, maka Anda bisa memanfaatkan layanan pemasangan iklan di berbagai media sosial. Pemasangan iklan video maupun gambar di media sosial yang banyak penggunanya dapat meningkatkan popularitas brand Anda.

Selain layanan iklan, Anda juga bisa mendaftar versi bisnis dari beberapa media sosial. Beberapa media sosial menawarkan jasa berbayar yang menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan Anda dalam mempromosikan bisnis Anda.

Tetapi bila dana promosinya terbatas, maka Anda bisa fokus pada pembuatan konten-konten promosi yang berkualitas dan menarik. Kemudian, pasang dan bagikan konten yang sudah Anda buat tersebut di berbagai platform digital yang Anda punya.

  1. Membuat Konten yang Berpotensi

Konten berpotensi yang dimaksud disini bukanlah sekedar yang menarik dan berkualitas, namun juga yang isi dan detailnya sudah disesuaikan dengan apa yang dicari dan dibutuhkan banyak orang.

Pastikan konten Anda sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bisa direlasikan dengan kehidupan mereka sehari-hari. Konten yang seperti itu punya kekuatan untuk mempengaruhi orang untuk membeli apa yang ditawarkan, karena mereka merasa bahwa mereka juga membutuhkan produk tersebut.

Selain itu, lengkapi juga detail konten Anda agar sesuai dengan SEO (Search Engine Optimization). Pastikan kata-kata dalam judul, deskripsi dan hashtag yang digunakan sesuai dan merupakan yang paling banyak digunakan pengguna internet untuk mencari suatu konten. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan konten Anda muncul di peringkat atas dalam mesin pencarian.

  1. Mengoptimasi Konten untuk Pengguna Handphone

Menurut penelitian, sebanyak lebih dari 65% pengguna internet lebih banyak mengakses konten digital melalui handphone. Artinya, konten Anda akan lebih banyak ditonton oleh pengguna handphone (HP), dan merekalah yang paling berpotensi menjadi konsumen atau pelanggan Anda.

Manfaatkanlah peluang ini dengan mengoptimasi konten untuk HP. Buatlah konten yang nyaman apabila diakses dari HP, baik untuk media sosial, website, maupun e-commerce yang Anda punya. Mulai dari keterbacaan teks hingga kejelasan gambar dan video yang dipakai.

Jadi, pastikan konten yang Anda buat tidak hanya bisa diakses dengan maksimal dengan menggunakan komputer atau laptop, namun juga untuk pengguna HP. Sehingga konten Anda bisa dinikmati dengan baik dan menjangkau masyarakat secara lebih luas.

  1. Memanfaatkan Data Analisis

Setiap platform digital atau media sosial memiliki fitur data analisis (social media analytics). Fitur ini menyajikan data mengenai bagaimana konten Anda menjangkau pengguna internet.

Contohnya seperti YouTube yang memiliki fitur YouTube Analytics. Fitur ini dapat menampilkan jumlah orang yang menonton video Anda, berapa banyak orang yang berlangganan pada channel Anda, atau berapa lama waktu yang orang habiskan untuk menonton konten Anda.

Data analisis ini bisa Anda manfaatkan sebagai acuan atau bahan evaluasi tentang seberapa berhasil konten yang Anda buat dalam menarik minat pengguna internet, konten seperti apa yang paling disukai, dan konten yang efektif untuk marketing. Terus kembangkan konten-konten yang dapat membantu Anda mencapai target bisnis.

Kesimpulan

Digital marketing telah terbukti menjadi metode pemasaran yang berhasil. Maka tidaklah mengherankan apabila banyak pengusaha yang menggunakan metode ini. Agar strategi digital marketing bisa berhasil, Anda perlu menerapkan hal-hal dibawah ini, yaitu:

  • Menentukan tujuan mengapa Anda melakukan digital marketing
  • Menentukan dan mengenali target marketing bisnis Anda
  • Menentukan dan menyiapkan dana untuk promosi digital
  • Membuat konten yang berkualitas dengan detail yang lengkap
  • Mengoptimasi konten untuk pengguna HP
  • Memanfaatkan data analisis pada platform digital yang Anda miliki

Seberapa besar keberhasilan Anda dalam ber-digital marketing juga ditentukan oleh konsistensi dan kreatif Anda dalam mengelola media-media digital marketing yang Anda miliki. Konsisten dan kreativitas Anda dalam membuat konten digital dapat membangun kepercayaan masyarakat terhadap brand Anda.

Apabila Anda menemukan kendala, Anda tidak perlu ragu untuk meminta pendapat orang lain yang lebih ahli. Jika Anda memiliki dana lebih, Anda juga bisa menggunakan jasa digital marketing dari perusahaan advertising yang sudah profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *